Posted on Leave a comment

UKG: Pengertian, Tujuan, Syarat, dan Contoh Soal

Loading...
Loading...

Apakah Bapak/Ibu pernah mengikuti UKG sebelumnya? Bagaimana kesan saat mengikuti UKG? Ternyata, tidak hanya siswa yang harus menempuh ujian kelulusan, tetapi guru juga harus menguji kompetensinya melalui UKG. Di artikel ini, Quipper Blog akan membahas tentang UKG.

Pengertian UKG

UKG atau Uji Kompetensi Guru adalah ujian bagi guru untuk mengukur kompetensi yang berkaitan dengan bidang studi dasar serta pedagogik yang menjadi ruang lingkup guru. Kompetensi pedagogik yang diujikan merupakan bentuk implementasi antara kompetensi pedagogik dan bidang studi guru saat mengajar di dalam kelas.

Tujuan Pelaksanaan UKG

Tujuan utama dilaksanakannya UKG adalah sebagai berikut.

  1. Memetakan tingkat kompetensi guru, misalnya kompetensi pedagogik dan profesional.
  2. Membina dan mengembangkan profesi guru sebagai tindak lanjut PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).
  3. Sebagai langkah awal untuk seleksi mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru).
  4. Mengontrol kinerja guru.

Kompetensi UKG

Kompetensi yang diujikan dalam UKG meliputi kompetensi pedagogik dan profesional (bidang studi Bapak/Ibu). Untuk penjabaran masing-masing kompetensi adalah sebagai berikut.

1. Kompetensi pedagogik

Standar kompetensi pedagogik meliputi:

  1. Mampu mengenali karakter dan potensi peserta didik;
  2. Memahami serta menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang efektif;
  3. Membuat rencana dan pengembangan kurikulum; dan
  4. Memberikan nilai dan melakukan evaluasi pada pembelajaran.

2. Kompetensi profesional

Standar kompetensi profesional meliputi:

  1. Kemampuan dalam menguasai materi, teori, struktur, konsep, serta pola pikir keilmuan untuk mengembangkan mata pelajaran yang diampu;
  2. Memberikan tindakan reflektif untuk mengembangkan keprofesian; dan
  3. Integrasi guru dalam menyampaikan materi dan tindakan dalam pembelajaran.

Syarat Peserta UKG 

Untuk mengikuti UKG, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut.

  1. Guru yang belum sertifikasi atau belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Guru PNS dan bukan PNS (GTY) yang mengajar di sekolah swasta serta guru honorer yang mengabdi di sekolah negeri dengan pengangkatan dari Bupati/Walikota.
  3. Sudah memiliki NUPTK.
  4. Mata pelajaran yang diampu harus sesuai dengan kualifikasi akademik. Misalnya, Bapak/Ibu lulus dari Pendidikan Kimia, maka Bapak/Ibu harus mengampu mata pelajaran Kimia. Jika tidak linear, Bapak/Ibu tidak bisa mengikuti UKG.

Contoh Soal UKG

Contoh soal UKG kompetensi pedagogik

Contoh Soal 1

Untuk membimbing siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial, salah satu upaya yang bisa dilakukan guru adalah….

  1. Mencontohkan bahwa sikap toleran itu penting.
  2. Membiasakan siswa untuk mulai membuat keputusan berdasarkan informasi yang akurat.
  3. Melatih siswa mempersiapkan kesehatan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.
  4. Mengadakan diskusi untuk menyelesaikan masalah sosial yang terjadi di lingkungan.

Contoh Soal 2

Guru selalu berupaya untuk melaksanakan langkah perbaikan  pembelajaran yang ada di dalam Penelitian Tindakan Kelas. Salah satu upaya guru yang bisa dilakukan adalah….

  1. Introspeksi atas kekurangan atau kelemahan yang masih ada pada guru.
  2. Mengupayakan latihan dalam mengerjakan soal-soal ujian.
  3. Mengadakan evaluasi rancangan untuk mengatasi kekurangan atau kelemahan selama proses pembelajaran.
  4. Memastikan jika selama ini ada permasalahan yang timbul saat proses pembelajaran.

Contoh Soal 3

Salah satu prinsip yang harus diterapkan guru dalam membuat program remedial terlihat saat….

  1. Merancang pembelajaran yang dikhususkan bagi peserta remidial.
  2. Memanfaatkan rancangan pembelajaran yang telah disusun dengan tetap memperhatikan analisis evaluasi belajar siswa.
  3. Membuat rancangan pembelajaran yang berbeda dengan rancangan sebelumnya.
  4. Mengadakan tes ulang tanpa disertai penjelasan materi lagi.

Contoh Soal 4

Sebagai guru SD, Bu Rasti selalu berusaha memahami dan mencari tahu karakter para peserta didiknya. Hal itu karena dengan memahami karakter setiap peserta didik, Bu Rasti bisa memetakan capaian prestasi masing-masing peserta didik. Gambaran tersebut merupakan deskripsi dari konsep….

  1. masukan dasar (raw input) PBM
  2. merencanakan PBM
  3. masukan sarana (instrumental input) PBM
  4. masukan lingkungan (environmental input) PBM

Contoh Soal 5

Jika Bapak/Ibu menemukan kesulitan belajar yang dialami siswa karena pola belajarnya salah, hal yang akan Bapak/Ibu lakukan adalah….

  1. Menunjukkan dampak yang ditimbulkan karena pola belajar yang salah terhadap kemajuan prestasi.
  2. Memberikan kesempatan agar siswa tersebut mau mendiskusikan aspirasi rasionalnya.
  3. Menciptakan hubungan sosial yang kondusif antara guru dan siswa maupun antarsiswa di dalam kelas.
  4. Memberikan kesempatan agar siswa tersebut bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan, sehingga bisa meraih kesuksesan meskipun prestasinya minimal.

Contoh soal kompetensi profesional (IPA)

Contoh Soal 1

Pak Agun memiliki sebuah pipa berongga yang diameter dalam dan luarnya berturut-turut 1,6 mm dan 2,1 mm. Alat yang bisa digunakan Pak Agun untuk mengukur diameter dalam pipa tersebut adalah….

  1. mistar
  2. stopwatch
  3. jangka sorong
  4. mikrometer sekrup

Contoh Soal 2

Anggi mengukur diameter lingkaran dan diperoleh hasil 8,5 cm. Jika ditulis dengan aturan angka penting, keliling lingkaran Anggi adalah….

  1. 267 cm
  2. 26,7 cm
  3. 2,67 cm
  4. 0,267 cm

Contoh Soal 3

Jika diperhatikan, tidak ada individu yang memiliki karakter, ciri, dan watak identik satu sama lain. Meskipun individu tersebut berada di spesies yang sama. Keadaan ini menunjukkan adanya keanekaragaman hayati di tingkat….

  1. gen
  2. jenis
  3. populasi
  4. ekosistem

Contoh Soal 4

Perbedaan antara organisme prokariotik dan eukariotik didasarkan pada….

  1. kerigidan dinding selnya
  2. peran ribosom dalam proses sintesis protein
  3. membran internal di dalam sel
  4. materi genetik di dalam DNA

Contoh Soal 5

Suatu zat berupa padatan kristal dan manis dicampur dengan zat lain yang wujudnya cair, bening, dan tidak berasa. Campuran antara kedua zat tersebut menghasilkan materi yang wujudnya cair, merata, dan manis. Materi yang dimaksud adalah….

  1. unsur
  2. koloid
  3. larutan
  4. senyawa

Dari pembahasan di atas, apakah Bapak/Ibu sudah memiliki gambaran tentang UKG? Pada dasarnya, UKG merupakan salah satu cara pemerintah untuk menghasilkan tenaga pendidik yang benar-benar kompeten.

Semoga artikel tentang UKG ini bisa bermanfaat buat Bapak/Ibu. Tetap semangat dan sehat. Simak informasi lainnya terkait dunia pendidikan hanya di Quipper Blog. Salam Quipper!

[spoiler title=SUMBER]

  • academia.edu/
  • Pedoman UKG 2013: docs.google.com/
  • id.wikipedia.org/
  • smpn281jakarta.sch.id/[/spoiler]
Advertisements Auto Ads Type
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *