Posted on Leave a comment

DAUR ULANG SAMPAH TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENDUKUNG METODE KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PAUD

Loading...
Loading...

RENCANA KERJA PENILIK MATRIX TAHUNAN & TRIWULAN

Uwon Suwondo, S.Sos., MM.

PENILIK CILEUNYI-JABAR

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) digital yang semakin pesat, dengan media yang bersifat multiplatform, sehingga mampu menembus batas ruang dan waktu, seyogyanya harus dapat dipergunakan dengan efektif dan efisien bagi seluruh pelaksana KBM (Kegiatan Belajar mengajar) dari mulai lapisan tingkat pusat, peserta didik, hingga orang tua murid yang saat pandemi ini terlibat secara langsung dalam proses KBM.

Secara ideal, seharusnya semua peluang diatas dapat dipergunakan oleh pelaksana KBM untuk mendominasi minat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, akan tetapi aktualnya dampak negatif perkembangan TIK digital ini seperti pedang bermata dua.

Trending penggunaan media digital di era pandemi, cenderung dipergunakan oleh sebagian anak anak untuk aktivitas non produktif, sebagai contoh deviasi kegiatan anak yang terjadi pada jam belajar adalah :

  1. Menonton orang lain yang sedang bermain berbagai jenis game, baik ofline ataupun online
  2. Bermain berbagai jenis permainan digital
  3. Menonton media pembelajaran yang bersifat acak dan tidak terstruktur dengan baik
  4. Menonton tontonan lainnya

Minat dan motivasi anak dalam belajar, perlu diberikan stimulus lanjutan, pembanding model pembelajaran lain, dan strategi khusus untuk menyeimbangkan dan mengalihkan konsentrasi permainan, kedalam kondisi belajar anak yang dapat dikemas dalam bentuk yang lebih menyenangkan.

Untuk menjawab tantangan diatas, kita tidak mesti berpikir jauh untuk membuat sebuah teknologi pembelajaran yang selalu berorientasi atau mengejar pada teknologi yang mutakhir, sehingga menimbulkan biaya produksi yang sangat mahal dan memakan waktu yang cukup lama. Fokus kita adalah kepada asas kemanfaatan dan pemberdayaan teknologi yang umum dan non premium, serta sudah tersedia di pasaran, namun dapat diserap dengan baik  dan digunakan oleh para pengajar dengan maksimal.

Dengan melakukan pendekatan gabungan antara aspek sosilogis dengan metode pembelajaran digital, meskipun dengan menggunakan teknologi usang atau non premium, para pengajar tetap dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi tersebut secara komprehensif. Pola pengajar yang dulu hanya mampu menyampaikan bahan ajar dan melakukan tugas pokok secara konvensional, saat ini dapat terlengkapi dan bergeser dengan positif menjadi pengajar dan pengembang bahan ajar atau bahkan developer Aplikasi .

Untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut, saya sebagai penilik membuat sebuah solusi dengan membuat rencana kerja tahunan dengan tema ”Daur Ulang Sampah Teknologi Digital Untuk Mendukung Metode Kegiatan Belajar Mengajar PAUD” yang diharapkan dapat memberikan pola organisasi dan kombinasi yang seimbang antara peran aktif pelaksana KBM, TIK dan peserta didik dengan pemanfaatan TIK Digital non premium.

Minimal ada tujuh aspek yang dapat kita kaji lebih dalam, sekaligus memanfaatkan berbagai peluang yang sudah tersedia, yaitu :

  1. Potensi Guru : Guru PAUD yang sudah memiliki kemampuan dan bakat khusus dalam memberikan KBM bagi usia anak, tentunya sudah terlatih dalam menghadapi keragaman karakter peserta didik untuk mencapai kondisi pembelajaran anak yang menyenangkan, tidak dalam tekanan dan tuntutan berlebihan, diharapkan dapat membuat dan memberikan konten digital yang cocok bagi peserta didiknya.
  2. Peran Penilik : Sebagai pengendali mutu pendidikan dan evaluasi dampak, dapat memberikan dukungan secara luwes sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya
  3. Infrastruktur Digital :  Sangat tersebar dengan murah dan tidak berbayar, contoh : google, website dan Youtube
  4. Aplikasi Pembelajaran : Microsoft Office, e-learning dan android
  5. Media pembelajaran : Laptop, Proyektor, telepon genggam dan lainnya
  6. Minat dan bakat Peserta didik : Trending anak usia dini yang sudah mengenal teknologi atau pengguna akhir media digital, bahkan tanpa perantara dan belajar otodidak
  7. Potensi Orang Tua Murid : Terlatih dikarenakan kondisi pandemi yang dituntut untuk menggantikan peran Guru sementara, sehingga dapat dibina sebagai pembimbing belajar dalam penggunaan produk pembelajaran digital

Dengan poin poin yang telah diuraikan diatas, maka penilik dituntut untuk menyediakan perencanaan yang akurat dengan strategi yang tepat, sebelum melaksanakan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program di wilayah kerjanya. Tanpa adanya perencanaan yang matang, jelas, teratur dan terukur, penilik tidak mungkin dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan profesional.

B.DASAR HUKUM

Aspek legal atau dasar hukum, merupakan dukungan yang sangat penting bagi penilik untuk berperan aktif dalam organisasi KBM sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya, adapun yang menjadi dasar hukum bagi penilik adalah :

  1. peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
  2. Pasal 4 tentang tugas pokok Penilik adalah Melaksanakan Kegiatan Pengendalian Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD. Pasal 5 Jenis Penilik berdasarkan bidang tugasnya terdiri atas Penilik PAUD, Penilik Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan, serta Penilik Kursus.
  3. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
  4. Undang-UndangNomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 55), Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3041, sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3890);
  5. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1994 Tentang Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1994 Nomor 22, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3547) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2010 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 51, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5121);
  7.  PP Nomor19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Nomor 41, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
  9. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
  10.  Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, Nomor 7 Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya:
  11. Permendikbud NO .38.Thn 2021 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional dan angka kreditnya

C. TUJUAN

Rencana Kerja Tahunan Penilik dengan tema ”Daur Ulang Sampah Teknologi Digital Untuk Mendukung Metode Kegiatan Belajar Mengajar Paud”memiliki tujuan sebegai berikut :

1.     Tujuan Umum:

Memberikan gambaran atau deskripsi secara menyeluruh tentang strategi apa, bagaimana, kapan, dimana, dan oleh siapa pelaksanaan kegiatan Program PAUD dilaksanakan, serta sebagai dasar acuan bagi penilik dalam melaksanakan tugas kepenilikan khususnya Program PAUD Cileunyi Kabupaten Bandung

2.     Tujuan Khusus:

  1. Sebagai dasar Pelaksanaan kegiatan pengendalian mutu program PAUD khususnya program Penilik yang mencakup , Perencanaan Program, Pelaksanaan pemantauan, Pelaksanaan Penilaian, Pelaksanaan Pembimbingan dan Pembinaan, Penyusunan Laporan Program PAUD.
  2. Evaluasi dampak program yang mencakup, Penyusunan Rancangan/desain, penyusunan instrumen, pelaksanaan dan penyusunan laporan dan presentasi hasil evaluasi dampak program PAUD.

D.    HASIL YANG DIHARAPKAN

Setelah tersusunnya Rencana Kerja Tahunan Penilik PAUD Cileunyi ,Kabupaten Bandung tahun 2021, hasil yang diharapkan adalah:

  1. Penilik dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal sehingga mampu berperan sebagai Pengendali Mutu dan Evaluasi Dampak Program PAUD.
  2. Memperoleh kepastian hasil kepenilikan Program PAUD yang berkualitas, teratur dan terukur sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)  jenis Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Kursus.
  3. Meningkatkan kompetensi penilik PNFI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional.

BAB II

PERENCANAAN

Untuk melaksanakan pemantauan dan evaluasi program Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUD) yang mencakup sasaran program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Program Kegiatan Kesetaraan, Keaksaraan, dan Program Pelatihan / Kursus yang dilaksanakan di kecamatan Cileunyi di wilayah Kabupaten Bandung mencakup beberapa langkah kegiatan,  dimulai dari perencanaan, pemantauan, pembinaan dan evaluasi.

Teknik yang dilakukan menggunakan metoda partisipatif melalui wawancara dan isian instrumen yang diawali dengan identifikasi data identitas lembaga PAUD dan komponen-komponen penunjang proses pembelajaran sebagai data sasaran program.

Kegiatan penilikan dilaksanakan sesuai dengan program induk penilikan yang  telah disusun sebelumnya, yaitu melalui tahapan sebagai berikut  :

A.    Perencanaan Program Pengendalian Mutu

Program pengendalian mutu dituangkan dalam

  • Rencana Kerja Tahunan (Matriks Terlampir)
  • Rencana Triwulan (Matriks Terlampir)

B.     Melaksanakan Pemantauan

Pemantauan dilaksanakan melalui supervisi manajerial dan supervisi akademik dengan sasaran pada pengelola dan tenaga pendidik lembaga penyelenggara Pendidikan Non Formal, baik mengenai kelembagaan maupun pelaksanaan programnya sehingga diperoleh data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk melaksanakan pembinaan. Proses pelaksanaan pemantauan dilakukan melalui tahap  :

1.     Perencanaan

Yaitu proses merancang/menyusun perencanaan program pemantauan sesuai dengan sasaran, meliputi persiapan penyediaan kelengkapan instrument pemantauan, dan pembuatan jadwal pelaksanaan pemantauan.

2.     Pengorganisasian

Sebelum kegiatan pemantauan ke lapangan dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan pertemuan dengan pengelola satuan lembaga Pendidikan Non Formal (PNF) dalam rangka mensosialisasikan rencana kegiatan pemantauan dan evaluasi program. Selanjutnya Jadwal pelaksanaan Pemantauan yang telah dibuat disampaikan kepada pengelola

3.     Pelaksanaan

Pelaksanaan pemantauan di masing-masing kecamatan dilaksanakan mulai bulan Januari hingga Desember 2021. substansi pemantauan adalah supervisi manajerial yaitu Standar pengelolaan, dengan sasaran pengelola lembaga satuan PAUD . Hasil pemantauan dianalisa dan didapatkan data sasaran dari masing-masing pengelola satuan PAUD ,  Data yang diperoleh dari hasil pemantauan kemudian dituangkan dalam bentuk tabulasi data.

C.    Melaksanakan Pembinaan

Pembinaan diberikan secara individu maupun kelompok kepada :

1.   Tenaga  Pendidik (Pendidik PAUD, Tutor, dan Nara Sumber Teknis), meliputi :

  • Penyusunan Perencanaan Mengajar
  • Metode dan strategi pembelajaran
  • Teknik penilaian / Evaluasi pembelajaran

2.   Tenaga Kependidikan (Pengelola/Penyelenggara) mengenai manajemen pendidikan non formal, mengacu pada   pemenuhan 8 (delapan) standar pendidikan nasional

D.    Melaksanakan Penilaian

Penilaian dilakukan dalam rangka mengetahui perkembangan pelaksanaan program PNF yang ada di wilayah binaan masing-masing, melalui tahapan

  1.      Membuat instrumen penilaian / Evaluasi
    1. Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    2. Kinerja satuan pendidikan non formal
  2. Melaksanakan Penilaian / Evaluasi
    1. Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
    2. Kinerja satuan pendidikan non formal
    3. Dampak pelaksanaan program

E.     Membuat Laporan Hasil Penilikan

Laporan hasil penilikan merupakan laporan pelaksanaan kegiatan penilik PNF tentang keberhasilan pelaksanaan program, hambatan pelaksanaan program selama setahun.

F.     SASARAN :

Sasaran kegiatan penilikan Pendidikan Non Formal (PNF) adalah lembaga atau penyelenggara program PNF yang meliputi  :

Program Pendidikan Anak Usia Dini yang diselenggarakan oleh PAUD Non Formal, meliputi Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) wilayah Cileunyi, kabupaten Bandung

G.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu dan tempat pelaksanaan bulan Januari sampai dengan Desember 2021 (Matriks Kegiatan terlampir)

H.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN :

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan rencana Kerja Tahunan Penilik PNFI dapat diuraikan sebagai  berikut:

  • Membentuk tim penyusun Rencana Kegiatan Cileunyi, Kabupaten Bandung dari seorang ketua, Sekretaris dan anggota (melibatkan seluruh penilik);
  • Mengkaji hasil penilaian tahun lalu dan menganalis data permasalahan terkait dengan rencana tahun berjalan;
  • Menyusun skala prioritas program;
  • Mempresentasikan draf rencana kerja yang dihadiri oleh penilik dan pejabat terkait;
  • Menyempurnakan draf rencana kerja berdasarkan masukan hasil presentasi;
  • Menetapkan rencana kerja tahunan tingkat kabupaten untuk mendapat pengesahan pejabat yang berwenang.

I.      SUMBER DANA

Dana yang digunakan dalam Penyusunan Rencana KerjaTahunan Program PNFI bersumber dari :

a.    APBD  Administrasi Kabupaten Bandung kerjasama dengan program Kasi PNFI

b.    Swadana.

BAB III

ANALISA DATA & MATRIKS RENCANA KERJA

TAHUN 2021

A.   DATA LEMBAGA PAUD DI CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada umumnya diselenggarakan oleh yayasan lembaga pendidikan.  Dalam pelaksanaannya proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan dari pagi sampai siang hari.

Dalam hal pembiayaan penyelenggaraan program PAUD pada umumnya dilakukan oleh yayasan.  Sedangkan bantuan BOP, indoor dan outdoor masih berjalan. Kurikulum sudah mengacu pada kurukulum 13 dan KTSP.

B.  1 MATRIKS RENCANA KERJA TAHUNAN

RENCANA TAHUNAN

MATRIK PERENCANAAN PENGENDALIAN MUTU

PROGRAM KEPENILIKAN TAHUN 2021

KECAMATAN     : CILEUNYI

KOTA/KAB          : KABUPATEN BANDUNG

PROGRAM          : PAUD

No Kegiatan Uraian Kegiatan Sasaran Kegiatan Lembaga Sasaran Indikator  Hasil Kinerja Waktu Ket
1 Menyusun rencana tahunan pengendalian mutu Mempelajari program kerja tahun lalu , menginventarisasi program yg belum terealisasi dan dimasukan  dlm rencana program kerja 2021 Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Program Kerja Penilik 2021 Janari 2021  
2 Menyusun rencana kerja triwulan pengendalian PAUD; Mempelajari program kerja penilik 2021 membagi dalam sasaran triwulan Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Program Kerja Triwulan I,II,III, dan IV Februari 2021  
3 Membuat instrumen pemantauan dan evaluasi program PAUD a)    Membuat instrumen, Ujicoba Instrumen, dan Memperbaiki instrumen hasil  ujicoba Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Instrumen pemantauan dan evaluasi Maret 2021  
4 Mengumpulkan data pemantauan pelaksanaan program PAUD Melakukan Supervisi  dan Monitoring Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Data hasil pemantauan dan evaluasi April – Juni 2021  
5 Menganalisis hasil pemantauan pelaksanaan program PAUD Melakukan evaluasi dan analisis Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Data hasil evaluasi dan analisis Juni – Agustus 2021  
No Kegiatan Uraian Kegiatan Sasaran Kegiatan Lembaga Sasaran Indikator  Hasil Kinerja Waktu Ket
6 Membuat desain diskusi terfokus hasil pemantauan dan Evaluasi a)    Dari Hasil analisis pemantauan menetapkan  pendidik/tenaga kependidikan sebagai  obyek diskusi terfokus Membuat kisi-kisi desain diskusi terfokus c)     Membuat desain diskusi terfokus Pendidik, Tenaga Kependidikan   Desain Diskusi Terfokus Kurun waktu Awal Juli 2021  
7 Melaksanakan diskusi terfokus hasil pemantauan dan evaluasi a)      Mempersiapkan bahan diskusi b)      Melaksanakan diskusi c)       Memberikan rekomendasi hasil diskusi Pendidik, Tenaga Kependidikan   Rekomendasi  Saran Perbaikan kepada pendidik, tenaga kependidikan Kurun waktu akhir Juli 2021  
8 Menyusun laporan hasil pemantauan dan evaluasi a)      Mengumpulkan hasil pemantauan b)      Menyusun laporan hasil pemantauan Kegiatan pemantauan dan evaluasi Lembaga PAUD Laporan hasil  pemantauan dan evaluasi Agustus – September 2021  
9 Membuat instrumen penilaian program pada Paud berdasarkan standar pendidikan; a)      Membuat instrumen, b)       Ujicoba Instrumen, dan   c)       Memperbaiki instrumen hasil ujicoba KB, TPA, SPS, dan sejenis Lembaga PAUD Instrumen penilaian September 2021  
10 Melaksanakan, menganalisis, dan melaporkan hasil penilaian program Paud; a)      Melakukan analisis hasil monev,  supervisi dan pembinaan b)      Menyusun laporan hasil monev, supervisi dan pembinaan Kegiatan Monev, Supervisi  dan pembinaan Lembaga PAUD Laporan Analisis Evaluasi Satuan Program PAUD Oktober 2021  
No Kegiatan Uraian Kegiatan Sasaran Kegiatan Lembaga Sasaran Indikator  Hasil Kinerja Waktu Ket
11 Melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada pendidik dan tenaga       kependidikan berdasarkan standar pendidikan a)      Hasil analisis supervisi dan pembinaan b)      Menetapkan  pendidik dan tenaga kependidikan yang berdasarkan norma tertentu dipandang perlu diberikan pembimbingan dan pembinaan Meningkatkan kemampuan dalam bidang : pedagogic, kurikulum, pengasuhan anak, dll Lembaga PAUD Pendidik dan Tenaga Kependidikan meningkat kemampuannya Nopember 2021  
12 Menyusun laporan triwulan; Mengkompilasi laporan bulan kepenilikan sebagai bahan penyusunan laporan Data yang terkumpul selama 3 bulan   Laporan Triwulan MARET 2021- JUNI 2021-SEPTEMBER 2021-DESEMBER 2021  
13 Menyusun laporan tahunan Mengkompilasi laporan triwulan kepenilikan sebagai bahan penyusunan laporan Data yang terkumpul selama 1 tahun   Laporan Tahun 2021 DESEMBER 2021  

B.  2 MATRIKS RENCANA KERJA TRIWULAN

MATRIK PERENCANAAN PENGENDALIAN MUTU

PROGRAM KEPENILIKAN TRI WULAN  JANUARI SD MARET

TAHUN 2021

KECAMATAN     : CILEUNYI

KOTA/KAB          : KABUPATEN BANDUNG

PROGRAM          : PAUD

No Kegiatan Uraian Kegiatan (dijabarkan) Sasaran Kegiatan (perlu dijabarkan oleh penilik ) Lembaga Sasaran Indikator  Hasil Kinerja (perlu dijabarkan oleh penilik ) Waktu (dijabarkan perminggu dlm setiap bulan dan sesuaikan dg kondisi) Ket  
1 Menyusun rencana Pengendalian mutu PAUD pada Triwulan pertama Mempelajari program kerja tahun lalu , menginventa risasi program yg belum terealisasi dan dimasuk kan  dlm rencana program kerja 2021 Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Program Kerja pengendalian mutu program Triwulan Penilik 2021 JANUARI 2021    
I II III IV    
           
2 Membuat instrumen pemantauan dan evaluasi program PAUD Membuat instrumen, Ujicoba Instrumen, dan Memperbaiki instrumen hasil ujicoba Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Instrumen monev yg valid Februari 2021    
3 Melakukan monev dan Penyusun laporan hasil  pemantauan dan evaluasi triwulan pertama Melakukan monev dan Menyusun laporan hasil  pemantauan dan evaluasi triwulan pertama Pendidik, Tenaga Kependidikan,Sarana prasarana, dan keuangan serta administrasi Lembaga PAUD Hasil Pemantauan dan evaluasi program penilik dalam satu tri wulan              

Advertisements Auto Ads Type
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *