Posted on Leave a comment

Catatan Overhoul Diesel Engine Komatsu SA6D107E-1 Series Bagian 4 – Sistem Bahan Bakar

Loading...
Loading...

Sistem bahan bakar

Dibawah ini merupakan diagram blok sistem bahan bakar untuk diesel engine komatsu SA6D107E-1 series

Penjelasan Injektor dan jalur bahan bakar

CRI fuel system merupakan salah satu teknologi fuel system yang dipakai pada engine Komatsu SA6D107E-1, 6D125E-3 series dan engine 6D140E-3 series. dan beberapa engine lainnya. CRI Fuel system mempunyai keunggulan sebagai
berikut :
a. Penggunaan atau aplikasi yang luas
CRI Fuel system dipakai pada light vehicle, alat – alat berat, lokomotiv, kapal laut
dsb.
b. Tekanan injeksi yang tinggi (High pressure injection) mencapai 1400 bar.
c. Awal injeksi yang dapat dirubah – rubah.
d. Memungkinkan injeksi bahan bakar ke ruang bakar dapat dibagi dalam beberapa
tahap yaitu : Pilot injection, Main Injection dan Post Injection.
e. Memenuhi peraturan standard emisi gas buang.

Fuel Pump atau Pompa bahan bakar

High pressure fuel pump pada engine S6D140E-3 series berfungsi untuk mengalirkan / memompakan fuel dengan tekanan tinggi ke dalam sistim CRI. Jika dibandingkan dengan FIP, high pressure pump mempunyai ukuran yang lebih kecil dari FIP, ± 1/3 dari ukuran FIP. Fuel pump tersebut mempunyai flange sebagai pengganti dari saddle mount dan terhubung dengan timing gear case.

Fuel line atau saluran fuel pada CRI fuel system terdiri dari low fuel pressure circuit dan high fuel pressure circuit. Aliran fuel low pressure circuit berfungsi untuk mengalirkan fuel dari fuel tank sampai high pump. Komponen – komponen pada low fuel pressure circuit terdiri dari feed pump dengan tipe trochoid pump, priming pump dan fuel filter. Sedangkan aliran high fuel pressure circuit terdiri dari high pressure pump yang diatur oleh PCV solenoid valve, common rail dan injector.

Fuel Supply Pump

Fuel supply pump terletak disisi kiri engine dan digerakan oleh timing gear dengan arah putaran searah dengan putaran engine. Fuel supply pump terdiri dari priming pump, feed pump dan high pressure pump. Fuel supply pump berfungsi untuk menghasilkan fuel bertekanan ke dalam common rail dengan cara mengatur fuel disharge dari fuel pump. Secara umum fuel supply pump terdiri dari low pressure pump dan high pressure pump. Low pressure pump mempunyai tipe internal rotor pump atau trochoid pump yang berfungsi sebagai feed pump. Low pressure pump berfungsi untuk mentransfer fuel dari fuel tank ke kedua high pressure pump. Selain feed pump, fuel supply pump juga mempunyai priming pump yang berfungsi untuk mentransfer fuel dari fuel tank ke high pump dengan cara manual. Biasanya priming pump digunakan pada saat bleeding udara pada fuel system. High pressure pump berfungsi untuk mentransfer fuel ke common rail. Berbeda dengan low pressure pump, high pressure pump mampu mentransfer fuel ke common rail dengan tekanan yang tinggi. High pressure fuel pump digerakan oleh camshaft pada fuel supply pump

STRUKTUR DAN FUNGSI FUEL SUPPLY PUMP

Pump control valve (discharge amount control valve) terpasang pada masing – masing silinder fuel pump untuk mengatur sistem pemompaan fuel dan mengatur fuel disharge amount (jumlah fuel outlet fuel pump).

Klik untuk gratis download
Advertisements Auto Ads Type
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *