Posted on Leave a comment

Catatan Overhoul Diesel Engine Komatsu SA6D107E-1 Series Bagian 2

Loading...
Loading...

Pada catatan Overhoul Komatsu Engine SA6D107E-1 Series bagian 1, Langkah Kedua adalah penegasan proses “Trouble Shooting tahap satu”, yaitu Alasan melakukan overhoul. langkah ini menuntut mekanik untuk melakukan prosedur pemeriksaan (Diagnostik) dan hasilnya nanti akan dibanding dengan standar parameter yang sudah tersedia pada tabel. Yang menjadi permasalahan umum  bagi mekanik yang belum pernah mengikuti pelatihan, adalah bahasa istilah teknik atau dikenal dengan “Technical Term” yang belum mereka kuasai, sehingga mereka belum bisa melakukan tuntutan prosedur pemeriksaan dengan baik, istilah redaksi “Boro boro melakukan prosedur “testing” instruksi dan istilahnya saja kita tidak mengerti “. Tahukan anda, berapa rupiah harga baru sebuah  engine SA6D107E-1 Series ini? dan tahukah anda berapa harga perbaikan untuk kategori “General Overhoul” yang di tawarkan oleh dealer?, silahkan dicari referensi harga tersebut. Admin disini hanya menegaskan bahwa, kegiatan servis ringan/ berkala/ atau overhoul bukan lah kegiatan coba coba, sehingga mengakibatkan double rugi atau “re-do” untuk kelas engine alat berat.

Mari kita uji kemampuan dasar mengenai istilah teknik yang ada pada satu lembar bagian dari shop manual yang begitu berharga, perhatikan tanda khusus yang diberikan pada tabel dibawah ini

Bagaimana apakah sudah paham yang dimaksud dengan istilah istilah yang admin tandai?, Jika sudah paham mari kita masuk ke prosedur uji

Ketika admin menjadi penguji kompetensi karyawan maupun sebagai recruiter, baik mekanik maupun staf manajemen, bukan hal yang istimewa bukan, jika pertanyaan yang muncul pertama kali disuguhkan kepada calon karyawan adalah istilah teknis seputar spesifikasi yang hanya satu lembar tersebut. Tentunya kalian sekarang sudah tahu alasannya. Bahkan untuk beberapa pengalaman yang sering ditemui, beberapa mekanik yang mengaku senior, sudah gagal dalam pertanyaan pertama, ketika tidak bisa menyebutkan tipe dan seri engine yang digunakan pada unit Excavator PC 200-8. Kenapa?, karena tidak mungkin rasanya seorang mekanik senior yang memberikan pernyataan, sudah belasan tahun menangani engine Komatsu series ini, tetapi tidak bisa menyebutkan nama dari tipe engine ini, selain apa yang dikerjakanya itu bukanlah sebuah hobi atau profesi yang sesungguhnya dia tekuni dan cintai, Istilah redaksi ” Tahu rasa, lupa nama”, hingga lupa menghargainya. Selain penilaian tadi, faktor resiko yang admin cegah atau kurangi dalam mencari mekanik profesional adalah, ketika nantinya masuk dan bekerja, mereka akan sulit berkomunikasi dengan baik dengan para pengawas, planner dan divisi terkait, karena tidak bisa melakukan pemesanan barang atau komponen yang tepat dan tidak mampu menjabarkan “Root Cause Analysis”

Performance atau unjuk kerja

Dalam tabel pengukuran, objek paramater yang dijadikan acuan apakah engine ini termasuk dalam kategori dibawah standar adalah :

Engine Speed atau Kecepatan engine, yang dibagi kedalam dua kondisi pengukuran (condition measurement), sebagai berikut :

  1. High Iddle Speed, dalam satuan rpm
  2. Low Iddle Speed, dalam satuan rpm
  3. Apakah pengertian diatas dan bagaimana cara pengukurannya?, lalu bagaimana dengan hasil yang sesuai standar ?…
Advertisements Auto Ads Type
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *