Posted on Leave a comment

Pendahuluan Buku Panduan GBK (Grading Berbasis Kompetensi )

Loading...
Loading...

1.1  Latar Belakang Masalah

Dikarenakan belum adanya grading sistem mekanik, yang berbasis pada kompetensi dengan ukuran yang jelas dan memperhitungkan pencapaian jenjang karir mekanik, maka hal tersebut dapat berdampak kepada faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Klasifikasi kemampuan dalam memperbaiki alat, atau disebut dengan tingkat standar kompetensi yang belum rinci, dapat menimbulkan kesalahan dalam memberikan kompensasi pada prestasi hasil pekerjaan mekanik.
  2. Range posisi dan klasifikasi grade mekanik yang pendek dapat mengakibatkan kejenuhan pada grade tertentu.
  3. Cakupan pekerjaan dan kompetensi mekanik yang belum meninjau kepada keragaman (versatility) unit, dapat mengakibatkan tanggung jawab mekanik belum terarah.
  4. Dari permasalahan yang dijelaskan pada poin (1) dan poin (2) tersebut mengakibatkan sulitnya menentukan kebutuhan pelatihan yang tepat untuk menunjang kompetensi mekanik yang sebenarnya.

1.2  Tujuan Pengembangan Kurikulum

            Dalam proses pengembangan mekanik, Department Services harus memiliki sebuah tim khusus yang terdiri dari services trainer, services operational, People Development dan services system development untuk bersama sama merumuskan konsep yang sesuai dengan situasi dan budaya yang ada di Perusahaan.

  Adapun tujuan dari GBK  adalah sebagai berikut :

  1. Memberi panduan untuk peningkatan kompetensi mekanik mulai dari Fresh Graduated Mechanic, Mekanik 3 (M3),  hingga Master Mekanik (MM)
  2. Memberikan referensi kurikulum bagi mekanik untuk belajar dan berkarir lebih baik, berdasarkan kompetensi yang mereka inginkan.
  3. Memberikan kejelasan tentang sistem jalur karir mekanik, mulai dari tingkat kompetensi sampai versatility (kecakapan perawatan dalam beragam unit)
  4. Persiapan dan seleksi bakal calon pemimpin unggulan yang dapat terukur pencapaian karirnya dan didukung oleh program pelatihan yang tepat guna.

1.3  Ruang Lingkup

       Buku Panduan kurikulum ini ini hanya mengatur pengembangan kompetensi mekanik mulai dari Fresh Graduated Mechanic, mekanik M3 (entry grade), hingga mekanik dengan posisi Master Mekanik (MM). Proses yang harus dilalui, adalah mulai dari penentuan spesialisasi, pelatihan, OJI (on the job instruction) pengalaman bekerja, data Work Order (WO), Lembar Penilaian Poin Kompetensi (LPPK), sertifikasi, hingga kenaikan grade baru dan penambahan poin kompetensi.

  1.   Sistematika Penulisan

        Untuk memberikan gambaran mengenai alur pemikiran yang digunakan dalam penyusunan buku panduan GBK ini, maka diperlukan sistematika penulisan. Sistematika penulisan dalam penyusunan buku ini, sebagai berikut :

BAB    I           PENDAHULUAN

Bab ini mengemukakan tentang latar belakang masalah, tujuan pengembangan kurikulum, ruang lingkup serta sistematika penulisan.

BAB    II         GRADE DAN STANDAR KOMPETENSI

Bab ini mengemukakan tentang perbandingan antara sistim grade mekanik yang berlaku sebelum adanya program GBK dengan sistem grade yang terdapat pada program GBK.

BAB    III        ANALISA KOMPETENSI DASAR

Bab ini mengemukakan tentang analisa Kompetensi Dasar (KD) beserta uraian elemen kompetensi secara rinci

BAB    IV        POIN KOMPETENSI

Bab ini mengemukakan tentang dasar – dasar pengambilan poin kompetensi, distribusi poin terhadap jenjang grade mekanik, serta bobot poin kompetensi terhadap Kelompok Kompetensi Dasar (KKD) dan juga terhadap konsentrasi alat tertentu.

BAB    V         UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI

Bab ini mengemukakan tentang kerangka program, ruang lingkup uji kompetensi dan sertifkasi pada program GBK,

BAB    VI        PELATIHAN

Bab ini mengemukakan tentang jenis dan  program pelatihan  yang terdapat pada  program GBK.

BAB    VII      KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI

Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).

BAB    VII      KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI

Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).

BAB    VIII     KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI

Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).

Advertisements Auto Ads Type
Loading...
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *