1.1 Latar Belakang Masalah
Dikarenakan belum adanya grading sistem mekanik, yang berbasis pada kompetensi dengan ukuran yang jelas dan memperhitungkan pencapaian jenjang karir mekanik, maka hal tersebut dapat berdampak kepada faktor-faktor sebagai berikut :
- Klasifikasi kemampuan dalam memperbaiki alat, atau disebut dengan tingkat standar kompetensi yang belum rinci, dapat menimbulkan kesalahan dalam memberikan kompensasi pada prestasi hasil pekerjaan mekanik.
- Range posisi dan klasifikasi grade mekanik yang pendek dapat mengakibatkan kejenuhan pada grade tertentu.
- Cakupan pekerjaan dan kompetensi mekanik yang belum meninjau kepada keragaman (versatility) unit, dapat mengakibatkan tanggung jawab mekanik belum terarah.
- Dari permasalahan yang dijelaskan pada poin (1) dan poin (2) tersebut mengakibatkan sulitnya menentukan kebutuhan pelatihan yang tepat untuk menunjang kompetensi mekanik yang sebenarnya.
1.2 Tujuan Pengembangan Kurikulum
Dalam proses pengembangan mekanik, Department Services harus memiliki sebuah tim khusus yang terdiri dari services trainer, services operational, People Development dan services system development untuk bersama sama merumuskan konsep yang sesuai dengan situasi dan budaya yang ada di Perusahaan.
Adapun tujuan dari GBK adalah sebagai berikut :
- Memberi panduan untuk peningkatan kompetensi mekanik mulai dari Fresh Graduated Mechanic, Mekanik 3 (M3), hingga Master Mekanik (MM)
- Memberikan referensi kurikulum bagi mekanik untuk belajar dan berkarir lebih baik, berdasarkan kompetensi yang mereka inginkan.
- Memberikan kejelasan tentang sistem jalur karir mekanik, mulai dari tingkat kompetensi sampai versatility (kecakapan perawatan dalam beragam unit)
- Persiapan dan seleksi bakal calon pemimpin unggulan yang dapat terukur pencapaian karirnya dan didukung oleh program pelatihan yang tepat guna.
Buku Panduan kurikulum ini ini hanya mengatur pengembangan kompetensi mekanik mulai dari Fresh Graduated Mechanic, mekanik M3 (entry grade), hingga mekanik dengan posisi Master Mekanik (MM). Proses yang harus dilalui, adalah mulai dari penentuan spesialisasi, pelatihan, OJI (on the job instruction) pengalaman bekerja, data Work Order (WO), Lembar Penilaian Poin Kompetensi (LPPK), sertifikasi, hingga kenaikan grade baru dan penambahan poin kompetensi.
- Sistematika Penulisan
Untuk memberikan gambaran mengenai alur pemikiran yang digunakan dalam penyusunan buku panduan GBK ini, maka diperlukan sistematika penulisan. Sistematika penulisan dalam penyusunan buku ini, sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini mengemukakan tentang latar belakang masalah, tujuan pengembangan kurikulum, ruang lingkup serta sistematika penulisan.
BAB II GRADE DAN STANDAR KOMPETENSI
Bab ini mengemukakan tentang perbandingan antara sistim grade mekanik yang berlaku sebelum adanya program GBK dengan sistem grade yang terdapat pada program GBK.
BAB III ANALISA KOMPETENSI DASAR
Bab ini mengemukakan tentang analisa Kompetensi Dasar (KD) beserta uraian elemen kompetensi secara rinci
BAB IV POIN KOMPETENSI
Bab ini mengemukakan tentang dasar – dasar pengambilan poin kompetensi, distribusi poin terhadap jenjang grade mekanik, serta bobot poin kompetensi terhadap Kelompok Kompetensi Dasar (KKD) dan juga terhadap konsentrasi alat tertentu.
BAB V UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI
Bab ini mengemukakan tentang kerangka program, ruang lingkup uji kompetensi dan sertifkasi pada program GBK,
BAB VI PELATIHAN
Bab ini mengemukakan tentang jenis dan program pelatihan yang terdapat pada program GBK.
BAB VII KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI
Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).
BAB VII KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI
Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).
BAB VIII KPI DAN STRUKTUR ORGANISASI
Bab ini mengemukakan tentang pembagian tugas, fungsi dan wewenang dalam organisasi, serta Key Performance Indicator (KPI) untuk tim pelatihan dan Quality Assurance (QA).
>